Sabtu, 31 Maret 2012

PASKAH

Renungan Paskah
1Kor 15:14-19
Dan jika Kristus tidak dibangkitkan, maka sia-sialah kepercayaan kamu dan kamu masih hidup dalam dosamu

Mengapa rasul Paulus menyatakan kalimat di atas? Bukankah momentum karya Kristus yang menebus dosa kita itu bukan pada saat kebangkitanNya, tetapi pada saat Tuhan Yesus di salib?

Memang benar Kristus menebus kita pada saat di kayu salib, tetapi karya Kristus itu genap dan utuh. Misi Tuhan Yesus pada saat di dunia bukan hanya pada saat Tuhan Yesus di atas kayu salib (sebagai puncaknya), tetapi sejak Dia lahir di dunia, menjelma menjadi manusia dan sampai ia terangkat kembali ke sorga. Kalau mau lebih lengkap lagi, misi Tuhan Yesus sudah dimulai sejak penciptaan sampai akhir zaman. Karena kita perlu melihat rencana Allah itu bukan hanya pada saat Tuhan Yesus ada di dunia, tetapi secara utuh dari alfa sampai omega. Sampai sekarangpun misi Tuhan Yesus tetap berjalan, yaitu mempertobatkan orang-prang pilihanNya serta memeliharanya sampai akhir zaman.

Paulus menyebutkan kalimat di atas, karena bila Tuhan Yesus tidak dibangkitkan, maka semua yang pernah dikatakan, dinubuatkan, dijanjikan Tuhan Yesus itu tidak benar. Bahkan Dia bisa dianggap sebagai penipu, karena hasilnya tidak terbukti sesuai dengan apa yang pernah dikatakan.

Kebangkitan Kristus membuktikan, mengkonfirmasikan, bahwa semua yang dikatakan Kristus adalah benar benar BENAR. Dan hal itu juga membuktikan, bahwa semua janjiNya juga benar, termasuk karyaNya di kayu salib untuk menebus segala dosa-dosa kita.

Jelas jelas kebangkitan Kristus membuat hidup kita tidak sia-sia, mengapa? Ya karena kita tidak jadi binasa. Kalau akhirnya hidup kita binasa, buat apa semua yang kita lakukan saat ini? Bukankah sia-sia saja? Tuhan Yesus juga pernah berkata, apa gunanya seandainya kita memperoleh seluruh dunia ini, lalu kita kehilangan nyawa kita, bukankah itu kesia-siaan belaka? (Mat 16:26)

Namun hidup tidak sia-sia bukan hanya sekedar tidak binasa, bukan hanya sekedar selamat dan masuk sorga, tetapi menjalani hidup dengan melakukan hal-hal yang sesuai dengan kehendak dan rencana Pencipta kita. Kristus telah mencurahkan darahNya untuk menebus kita, berarti hidup kita bukan milik kita lagi, tetapi telah menjadi milikNya, maka sepatutnyalah kalau hidup-mati kita memang hanya untuk Dia dan demi Dia (1Kor 6:19-20, Rom 14:7-9).

Melalui Paskah, mari kita memperingatinya dengan suatu langkah komitmen yang jelas, untuk memuliakan namaNya (1Kor 10:31, Kol 3:23). Tuhan memberkati kita semua. Amin.

sumber : Pdt. Andi Halim.http://www.grii-ngagel.org



0 komentar:

Posting Komentar

silahkan komentarnya sebelum pergi